13.8.10

Buku : Antologi puisi 10 perempuan "Rona Kata"

Buku puisi yang berisikan sepuluh perempuan pecinta puisi yang tinggal di Bandung ini memberikan warna tersendiri bagi Kontemplacity Studio, bayangin ajah, sekali nanganin buku puisi langsung berurusan ama 10 perempuan hehe.... satu ajah udah pusing ;D
Diantara 10 perempuan ini beberapa diantaranya adalah teman-teman-teman nongkrong di tobucil (cek ajah link2nya), yang kemudian mereka minta saya untuk dibikinin desain cover untuk bukunya. Kira-kira kerjaannya datang kurang lebih 2-3 bulan yang lalu. Tadinya minta saya yang gambarin ilustrasinya, tapi rupanya gak cocok, soalnya karakter buku perempuan ini pengen nampak dewasa, sedangkan saya gambarnya kekanak-kanakan, kira-kira gambarnya ah miong gitu deh yang saya ajuin. Nah karena gak cocok mereka keukeuh pengen saya yang ngedesainin bukunya, yah sekalian bantuin temen juga, ya sudah deh, saya mau jadi desainer cover bukunya, sedangkan untuk urusan ilustrasinya dimandatkan ke seorang teman dari salah satu perempuan-perempuan pecinta puisi ini, nih dia orangnya (Nuri), dan untuk urusan tata letak di kerjakan oleh sherly.
Setelah bertemu dan ngobrol-ngobrol ama 10 perempuan ini, mencari tahu apa itu Rona Kata, maka munculah berbagai ide yang akan menjadi konsep cover buku ini. Sebelumnya saya dapat bebrapa ilustrasi dari Nuri, dan saya jatuh hati pada ilustrasi berikut :


Saya langsung bisa melihat ilustrasi diatas seperti sebuah mata, melihat dan memancarkan, sesuai dengan konsep yang akhirnya muncul yaitu : "Cermin", karena Rona Kata ini berhubungan dengan Cahaya, Pantulan dari dalam, spektrum, abstrak, warna, puisi, perempuan, dll. Dari sekian kata kunci tadi yang paling mewakili adalah kata cermin, karena saya ingin mencoba untuk memunculkan pantulan yang ada di semua elemen antologi buku puisi ini, seperti rona adalah pantulan dari hati, puisi pantulan dari rasa, dan cover desain ini adalah pantulan dari semuanya, bagaimana melihat pantulan-pantulan tersebut, yaitu dengan membuat cover buku ini menjadi seperti cermin, sehingga ketika calon pembaca yang melihat cover ini akan melihat pantulan wajahnya sendiri, karena buku ini atau puisi dalam buku ini akan menjadi pantulan untuk para pembacanya. Cover atau perwajahan yang muncul adalah wajah para calon pembacanya. berikut adalah hasil desainnya



Desain diatas di cetak diatas kertas silver metalik, namun karena kendala teknis jadi silver yang dimaksud tidak terealisasikan, sehingga jadinya warna silvernya warna cat silver percetakan, yang warnanya lebih seperti abu alias kurang metalik, dan konsep cerminnya jadi kurang kena, karena kurang memantulkan wajah calon pembacanya ketika di pegang. Hasilnya bisa dilihat dibawah, oh yah buku ini dicetak oleh penerbit Alumni, yang biasanya hanya mencetak buku-buku teks serius, sehingga memang menjadi kendala ketika di beri jenis desain yang tidak biasa, apalagi dengan kertas yang silver metalik yang hampir seperti kaca.



Karena Penasaran, saya mencoba mencari-cari lagi bahan kertas silver metalik yang memadai, berkeliling-keliling di pagarsih dan sekitaran akhirnya menemukan juga kertas jenis silver metalik yang saya pengen. Demi memunculkan konsep saya, maka saya membuat lagi covernya sesuai dengan konsep saya diluar penerbit Alumni.


bisa dilihat pantulannya, ketika saya mengambil fotonya

 






ini saya print sendiri pake printer xerox C1110B, kalo embosnya saya maklunin

Berikut adalah aplikasi desain cover pada undangan dan poster launchingnya Buku Rona Kata ini yang bertempat di Gd. Indonesia Menggugat, serta beberapa jepretan pada saat acara launching berlangsung.

Poster dan eksperimen dengan warna metalik lainnya

poster dan undangan


suasana saat launching

ini dia para perempuan pecinta puisi

hehehe ikut mejeng ah akeh :D