20.4.10

Crafty Days #4: Pembatas Buku


Tahun ini saya mendapat kehormatan untuk  membuat desain promosinya acara crafty days #4, acara tahunan yang diadain ama tobucil n klabs. Acara ini adalah acara gathering para crafter gitu deh, jadi disini ada pameran dan bazaar barang-barang hasil karya para crafter yang tentu saja dibuat sendiri. 
Tema crafty days #4 tahun ini adalah "Play Your Magic Finger". nah saya mencoba menterjemahkan tema ini kedalam desain promosinya seperti ini :
"Play your magic finger itu maksudnya adalah memainkan jari jemari dan tangan secara keseluruhan untuk membuat sesuatu, sehingga para jemari ini menjadi jemari yang ajaib". pertamanya saya ingin mengekspos keajaiban jari-jemari tetapi justru keajaibannya adalah jari jemari yang lincah bermain dan membuat sesuatunya itulah yang magic. Oleh karena itu saya mencoba mengeksplorasi kata "play" dan "finger". bisa dilihat di sketsa saya yang pertama :


setelah melihat-lihat kembali sketsa yang ini saya masih kurang puas. Bikin sketsa ini waktu itu malem-malem, keburu ngantuk jadi bersambung ke besoknya, nah yang besoknya jadilah sketsa yang ini :


Nah dari sketsa yang kedua inilah mulai mendapatkan pencerahan. Setelah menggambari jari-jari aneh yang membentuk tulisan play, saya teringat permainan jari waktu kecil, yaitu mainan jari yang mirip-miripan ama binatang, yang paling saya suka maianinya yaitu mainan jari kepiting, karena jari kepiting ini bisa mencubit heheheh, trus saya mulai menggambarnya, yang ternyata susah juga, jadi diakalin deh bentuknya jadi gitu supaya keliatan jari-jari yang saling mengait dan bersusun itu. 
Nah ini adalah sketsa yang ketiga dihari yang sama juga :


setelah melalui tahap editing dan digitalisasi, desain dan lay out, akhirnya jadilah pembatas buku seperti ini : 



Rencananya dari desain ini akan diaplikasikan kedalam Poster, selipatan, dan entah apalagi karena belum ada kepastian lebih lanjut dari pihak tobucil, jadi kita tunggu saja tanggal mainnya.